7 Rekomendasi Novel Karya Andrea Hirata Sayang Jika Tidak Dibaca

novel karya andrea hirata

Bagi kamu pecinta novel, pastinya sudah tak asing lagi dengan Andrea Hirata. Seorang penulis atau pengarang novel kenamaan dan terkenal cerdas serta berbakat.

Andrea Hirata konsisten dalam menuliskan novel fiksi bergenre persahabatan, drama, cinta yang berbalut makna yang sangat dalam.

Karyanya pun sering melejit sampai dilirik oleh rumah-rumah produksi untuk diadaptasikan ke sebuah karya film.

7 Rekomendasi Novel Karya Andrea Hirata Sayang Jika Tidak Dibaca 1
Andrea Hirata

Selain popularitas di Indonesia yang besar, Andrea Hirata pun terkenal di luar negeri karena memang ada banyak tulisan karyanya yang mendapatkan penghargaan.

Kepiawaiannya di dalam menuliskan cerita indah dan bermakna dalam pun diakui oleh orang banyak.

Itu terbukti dari penghargaan yang sudah diraih, seperti memenangkan Festival Buku New York 2013, Buch Awards Jerman 2013, serta penghargaan Honorary Doctor of Letters pada 2015 yang diadakan Universitas Warwick.

Rekomendasi novel karya Andrea Hirata

Dari banyaknya novel yang ditulis Andrea Hirata yang sudah dipublikasikan, sobat nerd mungkin bertanya-tanya novel mana paling direkomendasikan untuk dibaca.

Simak rekomendasi novel Andrea Hirata berikut ini!

1. Laskar Pelangi

Rasanya tak berlebihan jika mengatakan tak ada orang yang tidak mengetahui bagaimana terkenalnya novel ini. Tak hanya filmnya yang ramai dibicarakan, novelnya pun masih dijadikan rujukan untuk acuan dan diteliti.

laskar pelangi
Laskar Pelangi

Hal itu karena kisah unik persahabatan ini tidak lekang oleh waktu. Kisah kehidupan 11 anak yang berasal dari Belitung ini masihlah terasa relevan dengan kita walaupun berada pada tempat berbeda.

Novel pertama karya Andrea Hirata yang berhasil melambungkan namanya ini menceritakan mengenai kehidupan anak-anak haus akan ilmu pengetahuan meskipun dengan semua keterbatasannya.

SD Muhammadiyah Belitung merupakan satu-satunya sekolah di sana yang mempunyai kondisi memprihatinkan.

Jangankan seragam serta buku pelajaran lengkap. Bangunan gedung sekolah pun sudah hampir roboh. Namun, setiap pagi pun sekolah ini ramai selalu diisi dengan 11 anak Belitung yang selalu ingin belajar dan penasaran akan ilmu pengetahuan.

Ada Lintang, seorang kuli kopra kecil, yang selalu menempuh jarak 80 km pulang dan pergi dengan sepeda butut. Mahar, tukang parut kelapa dadakan yang sangat kreatif dan imajinatif sampai dapat mewujudkan karnaval 17 Agustusan secara meriah. Ataupun 9 anak lain, yang juga mempunyai kehidupan ironis.

Dengan semua keterbatasannya, segala rintangan tidak menjadi alasan mereka bolos sekolah demi bisa mencapai rata-rata.

2. Sang Pemimpi

Novel ini adalah novel kedua dari Andrea Hirata. Sang pemimpi adalah novel lanjutan dari novel Laskar Pelangi dengan beberapa tokoh masih sama.

7 Rekomendasi Novel Karya Andrea Hirata Sayang Jika Tidak Dibaca 2
Sang Pemimpi

Novel ini menceritakan tentang kisah persahabatan Ikal, Arai, dan Jimbron yang sudah duduk dibangku SMA di Belitung. Sebagai SMA pertama di daerahnya, Ikal tak lagi bersama selalu dengan teman lama di masa SD dulu.

Kisah ini berfokus pada tiga tokoh utama yang sedang meneruskan kehausan mencari ilmu pengetahuan.

Ketiganya sama-sama masih mempunyai kehidupan kurang dan serba sulit, sehingga untuk dapat terus membayar uang sekolah harus kerja serabutan setelah sekolah.

Setelah lulus SMA, persahabatan ketiganya terpisah jarak. Ikal dan Arai memutuskan untuk
meneruskan pendidikannya di perguruan tinggi di luar Belitung, sedangkan Jimbron memilih untuk bekerja di Belitung.

Ikal yang memang pintar dan pekerja keras meskipun terkadang nakal, akhirnya dapat menyesuaikan kehidupan ibukota walau dengan hidup yang tak mulus.

Sedangkan Arai sibuk menempuh pendidikan biologi di kampus yang ada di Kalimantan, pastinya dengan bekerja.

Ketiga sahabat ini walaupun terpisah mereka berusaha terus, melanjutkan hidup dengan banyak cara yang dimiliki, sambil mengenyam pendidikan.

Tak hanya pelajaran akademis yang membuat mereka menjadi pintar dan sukses, tapi juga pelajaran hidup yang membuat ketiganya menjadi dewasa. Sehingga tabah, sabar, dan tak menyerah didalam menggapai cita-citanya.

3. Edensor

Kelanjutan dari kisah Ikal kini kian spesifik. Di dalam buku ketiga ini mengisahkan mengenai Ikal yang belajar banyak hal mengenai pelayaran serta kehidupan pria yang bernama Weh.

edensor
Edensor

Kisah ini adalah lanjutan kehidupan Ikal yang sekarang sudah jadi mahasiswa.
Saat Ikal diminta oleh sang ayah untuk antarkan barang ke teman ayahnya, Weh, dari sanalah Ikal mengenal pria tua penuh dengan luka itu.

Weh sebagai pria tua dan misterius, cukup menyeramkan untuk Ikal saat menatapnya pertama kali. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, Ikal kian mengenal tentang Weh sebagai sosok mengagumkan.

Weh tinggal di kapal serta sering melakukan pelayaran, mengajarkan semua hal baru pada Ikal. Mulai dari cara kemudikan kapal, baca kompas, cari navigasi, artikan rasi bintang, serta cara memancing.

Semakin mengenalnya, Ikal kian sadar jika Weh sudah berikan ilmu kehidupan yang banyak untuknya.

Lalu, suatu saat Ikal dan juga Arai mendapatkan peruntungannya lagi. Keduanya berhasil mendapatkan beasiswa Uni Eropa dan dapat melanjutkan pendidikan master di Belanda.

Sebuah perjalanan yang betul-betul baru yang membuat Ikal dan Arai semakin semangat dalam meraih cita-cita.

Selain terkagum-kagum dengan semua keindahan alam Belanda serta sistem pendidikannya, keduanya pun temukan cinta yang belum pernah mereka bayangkan sebelumnya.

4. Ayah

Rekomendasi selanjutnya adalah novel Ayah. Cerita yang dibawa kompleks sekali serta memancing air mata, dan sangat kaya akan nilai kehidupan.

Tema utama dari novel ini adalah kisah percintaan, tapi dikemas dalam bentuk penuh akan pesan moral. Bercerita tentang Sabari yang jatuh hati ke Marlena. Sayangnya, Marlena suka bergonta-ganti pasangan.

Sabari tetap cinta pada Marlena dengan setulus hati. Sabari sangat gembira saat akhirnya Marlena melahirkan anak yang diberi nama Zorro.

Akan tetapi, suatu ketika Marlena akan mengambil Zorro dari Sabari. Dari sini permasalahan kompleks mulai muncul.

Sobat nerd akan dibuat kagum dengan kasih sayang Sabari kepada anaknya dan ketulusannya yang sangat luar biasa dalam berjuang.

5. Sirkus Pohon

Sirkus Pohon jadi rekomendasi novel karya dari Andrea Hirata yang berikutnya.

Pepatah yang katakan jika cinta dapat mengubah semuanya, agaknya jadi pondasi novel ini.

Sobri alia Hob adalah pemuda yang menjadi kuli serabutan di pasar. Ia yang dulu pernah bergaul dengan mafia kampung membuat namanya buruk dan berpengaruh pada sulitnya dia mencari pekerjaan.

Namun, hari-harinya yang kelam berubah saat dirinya jatuh cinta pada Dinda, seorang penjaga toko. Dari sini, kisah perjuangan Sobri untuk bisa bahagiakan Dinda dengan bekerja menjadi seorang Badut Sirkus.

Selain kisah Sobri dan Dinda, seperti biasa Andrea Hirata memberi cerita sampingan tentang sepasang anak yang sama-sama orang tuanya bercerai. Novel Sirkus Pohon kental akan kisah cinta menarik dan bermakna dalam.

6. Orang-Orang Biasa

Orang-orang biasa merupakan novel yang menceritakan 10 sahabat yang telah berteman sejak SMA yaitu Junilah, Salud, Dinah, Nihe, Handai, Sobri, Rusip, Honorun, Tohirin, dan Debut.

orang-orang biasa
Orang-Orang Biasa

Mereka tinggal di Belantik yang terkenal akan masyarakatnya yang ramah dan sopan meskipun pendidikannya tidak tinggi.

Mereka dikenal akan kepolosannya, hingga masing-masing dari mereka sudah berumah tangga. Salah satu anggotanya yakni Dinah memiliki anak bernama Aini yang luar biasa cerdas, berbeda dengan orang tuanya.

Suatu hari, ketika kesepuluh sahabat ini tahu bahwa Aini berkeinginan melanjutkan pendidikan kedokteran, namun terhambat biaya. Mereka berencana merampok sebuah bank demi bisa membiayai kuliah Aini.

Berbekal kepolosan mereka tanpa ada satu pun yang berpengalaman, tentu saja usaha mereka berakhir gagal total dalam merampok bank tersebut.

Meski terkesan kriminal, cerita dari novel orang-orang biasa ini memiliki pesat tersirat yang menggambarkan realita pendidikan saat ini, yang mana sulitnya bersekolah karena terbentur biaya.

7. Guru Aini

Guru Aini merupakan sekuel dari novel orang-orang biasa. Menceritakan tentang perjalanan seorang guru bernama Desi Istiqomah, guru matematika yang digambarkan memiliki idealisme yang sangat tinggi.

guru aini
Guru Aini

Guru Desi mendedikasikan hidupnya untuk mengabdi pada negara serta turut mencerdaskan anak bangsa, yang mana selama ini pelajaran matematika dinilai paling sulit bagi siswa.

Tekadnya untuk memberantas kebodohan atas matematika tentunya banyak menemui aral melintang. Fakta menemukan bahwa murid-murid di tempat dia mengajar tidak menyukai pelajaran matematika bahkan cenderung takut.

Suatu ketika Guru Desi sempat putus asa, karena apa yang dia lihat berbanding terbalik dengan ekspetasinya. Sampai dia menemukan salah satu murid yang memiliki tekad kuat untuk belajar. Dia adalah Aini.

Meski awalnya Aini kesulitan, Guru Desi dengan sabar mengajarinya pelan-pelan. Hingga Aini tumbuh menjadi siswa cerdas serta mampu melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi, seperti cita-citanya diawal yaitu menjadi seorang dokter.

nah, itulah beberapa novel Andrea Hirata yang direkomendasikan dan sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi, sobat nerd tertarik membaca novel yang mana?

7 Rekomendasi Novel Karya Andrea Hirata Sayang Jika Tidak Dibaca 3

Author: Haikal Luthfi

Writer Wannabe

Thanks for Reading

Enjoyed this post? Share it with your networks.

Leave a Feedback!