Nggak Melulu Kisah Baper, 5 Hal Positif dari Drama Korea

drama korea

Siapa bilang drama korea banyak menye-menyenya.

Drama Korea memang menarik banget untuk ditonton sebagai hiburan kala waktu luang. Nggak hanya jalan ceritanya saja yang menarik dan romantis abis. Namun, para aktor dan aktrisnya pun good looking. Jadi, menarik banget untuk lama-lama dilihat.

Drama Korea – atau akrab disebut drakor – kebanyakan memang menyuguhkan kisah percintaan yang dikemas dengan hal-hal lain sehingga selalu tampak baru dan begitu menggiurkan untuk dilihat. Nggak heran jika remaja – khususnya para cewek banyak yang menjadi penggemar berat serial drakor dari Negeri Ginseng ini.

drama korea
Sumber gambar: Pinoy Exchange

Mereka terkadang rela menghabiskan waktu luang atau liburan untuk mengkhatamkan satu judul drakor. Bahkan di sela-sela aktivitas yang padat pun, drakor selalu ada tempat di hati para penggemarnya.

Bolehlah sekadar nonton 10 menit ketika ada sela-sela waktu dari aktivitas yang padat. Ya memang, hiburan itu jika cukup, maka mampu me-refresh otak kita. Akan tetapi jika terlalu berlebihan, justru akan membuat kita malas dan lupa waktu.

Oh ya, drakor nggak cuma bikin baper dengan kisah percintaan yang romantis dengan pemeran yang cantik dan tampan bak negeri dongeng lho. Drakor juga menyajikan hal-hal mengenai kehidupan di Korea yang bisa kita ambil sisi positifnya. Pengemasan cerita dalam drakor pun nggak asal bikin baper saja, tapi juga diselingi dengan banyak scene edukatif.

Ini nih hal positif dari drakor yang entah disadari atau enggak, bisa kita pelajari:

1. Membudayakan jalan kaki seperti di drakor

Kalau belum pernah pergi ke Korea, kebiasaan orang sana yang satu ini sering kok kita temukan di drakor. Ya, nggak seperti di lingkungan kita, misalnya ke warung yang dekat saja kebiasaan naik motor.

Ya gimana lagi, jalan kaki justru dianggap aneh. Berbeda dengan di Korea. Orang-orang sana akan jalan kaki untuk bepergian jarak dekat. Kalau jarak jauh, baru deh memanfaatkan transportasi umum atau kendaraan pribadi. Mungkin itu juga ya sebabnya orang Korea punya postur tubuh yang bagus-bagus? Ya setidaknya itu sih yang bisa kita lihat di drakor.

2. Mengetahui profesi pekerjaan tertentu di drakor secara nyata

dr romantic
Sumber gambar: Woke.id

Drakor memang identik dengan romansa lelaki dan perempuan yang sebenarnya ya begitu-begitu saja. Yang membuatnya berbeda salah satunya adalah setting-nya. Misalnya saja cerita di drakor menceritakan tentang percintaan seorang dokter.

Seringkali kehidupan sehari-hari profesi orang tersebut tergambar dengan nyata di drakor. Nggak hanya formalitas memakai pakaian dokter saja. Pasti pernah lihat ‘kan ada adegan operasi di rumah sakit yang tergambar nyata?

Atau bisa jadi gambaran bagaimana pekerjaan profesi lain seperti wartawan, polisi, pengacara, aktor, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menambah wawasan kita lho alih-alih cuma menghabiskan waktu nonton drakor.

3. Drakor terkadang penuh kritik sosial dan politik

Seringkali drakor juga mengisahkan tentang politikus yang bersaing dengan sengit demi kekuasaan. Nggak jarang lho ada adegan bunuh-bunuhan hanya karena uang dan kekuasaan.

Ini keren banget karena memiliki pesan bermakna untuk kita yang menonton. Selain itu, pikiran kita juga bisa lebih terbuka akan fenomena-fenomena yang sebelumnya nggak kita ketahui.

4. Cerita drakor selalu kreatif

king 2 heart
Sumber gambar: HaiBunda

Inilah mengapa drakor tu nagih abis. Meski kisah percintaan atau pemerannya begitu-begitu saja, tapi cerita keseluruhan selalu menarik dan bikin penasaran. Nggak jarang juga lho drakor berisi cerita fantasi yang imajinatif banget.

Nggak hanya itu, tempat yang menjadi latar cerita drakor juga nggak selalu di Korea. Terkadang drakor mengambil tempat-tempat di luar negeri yang keren dan jarang kita tahu.

5. Banyak moral value positif

Kalau yang satu ini nggak cuma drakor sih. Di setiap cerita, entah di film, novel, komik, atau lainnya kita pasti selalu bisa mengambil hikmah yang disampaikan dalam cerita.

Yang pasti, banyak banget deh pesan inspiratif di drakor yang bisa kita pelajari dan dikemas secara apik di sini.

6. Cerita di drakor nggak terlalu panjang sehingga nggak bikin bosen

iris 2
Sumber gambar: BagusIzza

Satu judul drakor biasanya ada 16 episode dengan durasi 1 jam per episode. Atau bisa juga ada 32 episode dengan durasi 30 menit per episode. Durasi tersebut nggak terlalu panjang untuk ukuran cerita serial, ‘kan?

Jadi, ketika nonton drakor kita nggak akan mudah bosan deh di tengah-tengah cerita, karena memang alurnya fokus. Episode yang terlalu panjang justru bikin bosen dan jalan cerita terkesan diulur-ulur.

Hal-hal positif dari drakor tersebut menarik banget, ‘kan? Yang pasti, kita boleh-boleh saja nonton drakor untuk mengisi waktu luang. Namun, jangan sampai lupa waktu hingga melalaikan kewajiban, ya. Jadi, drakor apa yang sedang kamu tonton kali ini?

Nggak Melulu Kisah Baper, 5 Hal Positif dari Drama Korea 2

Author: Vera

Thanks for Reading

Enjoyed this post? Share it with your networks.

Leave a Feedback!