Mengenal Steak Tartare, Sensasi Makan Daging Mentah!

steak tartare

Mengetahui steak tartare dan cara membuatnya

Pernah terbesit untuk mencicipi makanan mentah? Jika sobat nerd berpikir buah-buahan dan sayuran semacam hidangan salad yang ada dibenak Anda, hal itu sudahlah teramat biasa, sob. Lantas bagaimana jika hidangan tersebut terbuat dari olahan daging?

Ouuh…maksudnya makanan jepang seperti sushi atau sashimi? Bukan, bukan itu sob! Ini justru anti-mainstream, karena terbuat dari daging sapi atau beef pilihan lho. Yup, apalagi kalau bukan steak tartare.

Jika Anda pernah menyaksikan serial Mr. Bean episode The Return of Mr Bean bagian scene restoran, tentunya sobat nerd mungkin familiar ketika Bean memesan makanan yang terlihat seperti daging mentah.

Mengenal Steak Tartare, Sensasi Makan Daging Mentah! 1
Steak tartare Mr. Bean

Dalam adegan tersebut, nampak Bean tidak menikmati hidangan yang ia pesan sendiri. Sehingga mencari cara bagaimana makanan tersebut habis tak bersisa. Mencincang daging tersebut menjadi potongan-potongan kecil, serta menyembunyikannya di berbagai tempat yang ada di meja tersebut.

Disini penulis berpikir, apakah betul hidangan tersebut sebegitu tidak enaknya? Bahkan jika kita menonton konten food vlogger yang banyak wara wiri di linimasa Youtube, menu steak tartare ini justru banyak mendapat review positif lho!

Tidak sedikit dari mereka yang mengapresiasi sajian yang satu ini. Misalnya dilansir dari channel Youtube John Quilter yang mereview salah satu restoran Perancis di Toronto, Kanada. Ia menyebut hidangan tersebut bagaikan permata dan merupakan pengalaman terbaik yang pernah ia rasakan.

Nah penasaran apa saja sih fakta yang perlu diketahui tentang hidangan yang satu ini? Simak ulasan berikut ini, sob!

Apa itu steak tartare?

Steak tartare adalah hidangan daging sapi mentah yang terbuat dari berbagai macam variasi potongan seperti sirloin, striploin, tenderloin, dan lain-lain. Dagingnya pun digiling atau dicincang halus.

Dilansir dari laman Oola, hidangan ini terbuat dari daging giling mentah, bawang bombay, caper, merica, saus Worcestershire, dan bumbu serta rempah-rempah lainnya yang ditambahkan ke dalam daging untuk memberikan cita rasa yang kaya dan gurih.

Lebih lanjut, steak tartare ini kerap juga diberi kuning telur mentah dan disajikan dengan roti panggang dan juga kentang goreng, sob.

Pada abad ke-20, steak tartare menjadi populer di kalangan elit di Perancis, dan sejak itu makanan ini identik dengan kemewahannya.

steak tartare
Sumber Foto: Pixabay

Steak tartare kerap ditemui pada menu restoran kelas atas, restoran steak, dan tempat makan Perancis di seluruh dunia. Karena teksturnya yang mentah, menjadikan tidak banyak orang yang terbiasa dengan hal tersebut.

Saat mengonsumsi makanan mentah, risiko terkena penyakit yang ditularkan melalui makanan menjadi meningkat. Berdasarkan studi pada tahun 2018 menjelaskan bahwa steak tartare sangat rentan terhadap pembusukan bakteri karena sifatnya yang mentah dan dapat menyebabkan penyakit.

Ini memungkinkan terdapat jenis bakteri seperti E.Coli, Enterobacteriaceae, Salmonella, Listeria monocytogenes, dan lain sebagainya, sob. Bakteri-bakteri ini memungkinkan dapat menyebabkan penyakit seperti diare, muntah, demam, hingga rasa menggigil. Oleh sebab itu, hidangan ini aman dikonsumsi bila diolah dengan benar.

Bagaimana cara membuat steak tartare?

Karena risiko yang ditimbulkannya, sebaiknya untuk memastikan selalu menggunakan bahan-bahan terbaik saat pengolahannya, seperti penggunaan daging berkualitas tinggi yang dibeli dari penjual terpercaya.

Selain itu, pastikan dagingnya disimpan pada suhu dingin agar tidak busuk sebelum digunakan. Adapun cara membuatnya pada resep berikut ini:

Bahan-bahan

  • 453 gr daging sirloin bagian atas, yang telah dibersihkan dan dicincang
  • 2 sendok teh (sdt) cuka
  • 1/2 sdt mustard
  • 2 kuning telur
  • 1/4 cangkir minyak zaitun
  • 6 sendok makan (sdm) bawang merah potong dadu halus
  • 2 sdm caper yang sudah diawetkan, kemudian tiriskan
  • 1 sdt garam
  • 1/4 cangkir daun seledri, cincang halus
  • 2 sdm peterseli segar, cincang halus
  • 1 sdt lemon

Cara membuatnya

  • Potong daging sirloin menjadi potongan dadu berukuran 2 cm dan simpan di freezer selama 10 menit.
  • Campurkan cuka, mustard, dan kuning telur ke dalam mangkuk berukuran kecil. Lalu kocok sambil menuangkan minyak zaitun sampai merata. Masukkan bawang merah, caper, garam, dan kira-kira 2/3 daun seledri dan peterseli kedalamnya.
  • Potong-potong daging sesuai tekstur yang diinginkan. Secara bergantian, potong daging menjadi 4 bagian dan kocok setiap bagian secara terpisah 3 hingga 4 kali ke dalam mangkuk pengolah makanan yang dilengkapi dengan S-blade standar untuk dicincang.
  • Bentuk cincangan daging tersebut pada sebuah wadah pencetak berukuran 1 cm hingga menjadi patty. Kemudian hiasi dengan sisa bumbu dan perasan lemon. Sajikan.

Thanks for Reading

Enjoyed this post? Share it with your networks.

Leave a Feedback!