5 Tips Traveling Ramah Lingkungan

tips traveling

Langkah kecil berwisata ramah lingkungan.

Weekend atau ketika liburan akhir tahun, paling cocok memang buat traveling nih. Banyak banget destinasi traveling yang bisa dikunjungi.

Mau wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, atau apa pun, Indonesia punya stok tempat wisata yang nggak habis-habis.

Dari Sabang sampai Merauke, bebas deh mau mengunjungi yang mana. Tinggal mengajak teman, keluarga, atau pasangan membuat agenda pelesiran bakalan makin seru deh.

Oh ya, sadar nggak sih kalau saat liburan, kita nggak pernah melakukan traveling ramah lingkungan?

tips traveling ramah lingkungan
Tips traveling ramah lingkungan (sumber foto: pexels)

Sadar nggak kalau kita seringkali traveling menggunakan kendaraan bermotor atau pesawat yang ternyata juga menyumbang polusi  bagi bumi kita tercinta?

Terkadang pun kita tanpa sadar nyampah di beberapa tempat. Iya sih, kitanya bersenang-senang, tapi masa harus merugikan lingkungan?

Padahal di masa depan, kalau kita nggak menerapkan wisata ramah lingkungan, dampaknya juga kita sendiri lho yang merasakan.

Untuk itu, mari lakukan langkah kecil yang mampu menyelamatkan lingkungan saat kita traveling. Langkah kecil bisa berdampak besar lho kalau kita lakukan dengan penuh kesadaran.

Berikut ini adalah langkah kecil untuk kita menerapkan traveling ramah lingkungan:

1. Pastikan rumah dalam kita dalam keadaan hemat energi

Langkah pertama traveling ramah lingkungan yang bisa dilakukan adalah memastikan tempat tinggal kita nggak membuang-buang energi sebelum kita pergi.

Misalnya saja mematikan lampu, AC, televisi, atau sumber listrik lain yang sekiranya nggak merugikan kalau harus dimatikan.

Pastikan juga keran air di rumah memang sudah mati sempurna tanpa ada tetesan-tetesan air yang masih bisa keluar dari keran.

Oh ya, mencabut charger HP yang nggak digunakan juga termasuk salah satu hal yang harus dilakukan lho. Charger HP yang nggak dicabut meski nggak kita gunakan, tetap mengalirkan listrik.

2. Naik kendaraan umum

keuntungan naik kendaraan umum
Kendaraan umum (sumber foto: unsplash)

Nah, kalau sekiranya bisa traveling memakai kendaraan umum tanpa kesulitan, mending terapkan deh langkah ramah lingkungan yang satu ini.

Jangan keseringan pakai kendaraan pribadi, ya. Ingat, kendaraan termasuk penyumbang polusi. Bahkan di lokasi manapun kalau kita bisa menjangkau beberapa tempat dekat dengan jalan kaki atau bersepeda, lakukan saja.

3. Bawa bekal botol minum dan tempat makan sendiri

Saat traveling, nggak jarang deh kalau kita bakalan sering minum karena haus. Nah, daripada membeli minuman kemasan di minimarket dan akhirnya menambah jumlah sampah plastik, mending bawa botol minum sendiri.

Kalau air sudah habis tapi perjalanan masih jauh, kita bisa kok mampir ke tempat makan, membeli minum dan kita tuang lagi ke botol minum kita.

Kita juga bisa membawa tempat makan untuk membawa beberapa bekal makanan ringan. Daripada menambah sampah plastik yang baru bisa busuk ratusan tahun, ‘kan?

4. Bawa tote bag untuk tempat belanjaan

tote bag kanvas
Membawa tote bag (sumber foto: pexels)

Liburan sepertinya akan terasa kurang lengkap jika nggak belanja. Sekadar membeli oleh-oleh, atau mungkin membeli sesuatu yang kita butuhkan secara mendesak.

Nah, penting banget nih untuk membawa tote bag, bila perlu bawa yang banyak. Tote bag ini bisa kita gunakan sebagai pengganti plastik saat kita berbelanja.

Oh ya, jangan lupa sediakan juga tote bag untuk tempat sampah sementara ya supaya kita nggak nyampah di tempat wisata yang kita kunjungi atau justru nyampah di jalan.

5. Hemat energi saat di penginapan

Jika berpergian jarak jauh dan butuh menginap, aksi traveling ramah lingkungan juga perlu dilakukan saat di hotel atau tempat kita menginap.

Misalnya saja hemat air (menggunakan air secukupnya untuk mandi), mematikan alat elektronik yang nggak digunakan, dan lain sebagainya.

Itulah dia beberapa hal yang bisa dilakukan untuk tetap ramah lingkungan saat berpergian. Yang terpenting, jangan lupa untuk tetap bersenang-senang.

Jadikan langkah ramah lingkungan tersebut menyenangkan ya, sehingga agenda traveling bakalan makin berkesan deh.

Langkah-langkah tersebut mungkin nggak ringan untuk dimulai, tapi siapa lagi yang akan merawat bumi kita tercinta ini kalau bukan dari diri sendiri, bukan?

Jangan lupa untuk ajak teman, keluarga, pasangan, atau orang tersayang untuk traveling ramah lingkungan, ya!

Thanks for Reading

Enjoyed this post? Share it with your networks.

Leave a Feedback!