4 Tips Mantai Jadi Nyantai

pantai nyantai

Hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum berlibur ke pantai

Jika kalian berkunjung kesuatu daerah bertopografi rendah, tak lengkap rasanya tidak menjajal daerah pesisir, yaitu pantai! Berlibur ke pantai memang menyenangkan, apalagi pergi dengan seseorang yang kita sayang. Wah, pastinya liburan kamu akan menjadi liburan yang sulit untuk dilupakan. “Tidak peduli kamu kemana, yang terpenting kamu pergi dengan siapa, destinasi itu nomor 2”, begitulah kira-kira.

Oke, kembali ke topik.

Mendengar kata pantai mesti yang terbesit di pikiran identik dengan pasir putih, pohon kelapa dan lautan biru. Suatu tempat yang tenang hanya ada suara gemuruh ombak dan desiran angin. Selain itu, panorama alam yang ditawarkan menambah nilai estetika pantai tersebut. Beruntung kita hidup di Indonesia, yang merupakan negara kepulauan. Refrensi pantai-pantai mempesona tentu saja banyak sekali, sebut saja pantai Nusa Penida di Bali ataupun pantai Senggigi di Lombok.

Bagi masyarakat urban, berlibur ke pantai sudah menjadi menu wajib untuk sejenak melupakan rutinitas yang mengguncang jiwa. Pantai menjadi suatu tempat yang menjadi alternatif liburan untuk bersantai-santai. Yap, namanya juga liburan ya waktunya malas-malasan yekan? Nah, sebelum merencanakan pelesiran ke pantai, berikut tips supaya agenda mantai kamu jadi nyantai~

1. Perencanaan Waktu yang Pas

4 Tips Mantai Jadi Nyantai 1
Sumber Foto: instagram.com/parapejalan/

Perencanaan waktu sangat penting untuk menentukan kapan kamu mau pergi liburan. Bagi yang kerja kantoran atau office hour, akhir pekan merupakan waktu yang pas untuk mantai, meski itu cuman seharian atau nginep 2 hari 1 malam. Kalaupun ingin berleyeh-leyeh lebih lama di pantai sambil menyantap ikan bakar dan menyeruput kelapa ijo, manfaatkan jatah cuti yang kamu punya. Karena kesuksesan liburan ditentukan oleh berapa banyak jatah cuti kamu. Carilah bulan-bulan yang banyak tanggal merahnya, seperti contoh libur Lebaran ataupun libur Tahun Baru.

2. Budget

4 Tips Mantai Jadi Nyantai 2
Sumber Foto: instagram.com/airyindonesia/

“Budgetmu menentukan destinasimu”

Ungkapan itu memang ada benarnya juga. Bagi yang punya budget besar, destinasi mantai seperti Bali, Lombok bahkan Raja Ampat merupakan hal yang lumrah. Karena budget yang dimaksud termasuk ongkos tiket pesawat pulang-pergi, penginapan, biaya foya-foya dan lain sebagainya. Jadi pastikan budget yang kamu punya sesuai dengan destinasi mantai kamu. Bagi yang minim budget, tidak usah berkecul hati. Alternatif mantai murmer yang tak jauh dari kota seperti Kepulauan Seribu sangat ramah di kantong. Sudah banyak travel agent yang menawarkan trip kesana. yaah…se-low budget-nya kamu paling engga mantai ke ancol masih bisa yekan?

3. Outfit

4 Tips Mantai Jadi Nyantai 3
Sumber Foto: instagram.com/pantainesia/

Outfit merupakan elemen penting dalam mendukung penampilan. Pastikan outfit yang kamu pakai sudah sesuai buat mantai. Untuk cewe,  gunakanlah outfit semacam swimsuit/bikini  yang dipadukan dengan outer cardigan pantai. Kalau perlu kain selendang ala-ala bali akan mendukung ootd kamu. Oh iya, jangan lupa property tambahan seperti sunglasess dan fedora rajut ya, dan jangan pernah pake high heels ke pantai. Untuk cowo, kemeja motif ornamen kembang atau kelapa dan celana pendek sangat cocok untuk mantai, serta sunglasess akan mendukung outfit kamu. Jangan pernah mantai pakai kemeja formal ya gaes, memang mau ngelamar kerja~

4. Destinasi Pantai

4 Tips Mantai Jadi Nyantai 4
Sumber Foto: instagram.com/telukkiluanlampung/

Nah ini dia bagian yang paling penting yakni menentukan tujuan destinasi pantai. Umumnya orang-orang pergi ke pantai untuk liburan ataupun untuk memadu kasih. Mereka akan mengunjungi pantai-pantai yang menawarkan panorama yang indah didukung dengan akomodasi yang menjanjikan. Sebut saja pantai Sanur di Bali ataupun pantai Gili Trawangan di Lombok menjadi destinasi mainstream yang banyak dikunjungi oleh pelancong.

Selain secara akses mudah dijangkau, lokasi pantai-pantai di daerah tersebut memang sudah menjadi tempat wisata populer. Namun bagi kamu yang tipikal penjelajah alias menyukai tantangan, terdapat beberapa refrensi pantai yang belum terjamah oleh banyak orang. Seperti contoh pantai Tiga Warna yang berada di Kabupaten Malang, yang mengharuskan trekking menyusuri bukit untuk mencapai lokasi, ataupun pantai teluk Kiluan di Lampung yang membutuhkan Jakung ( sejenis perahu tradisional) sebagai moda transportasi menyebrang kesana.

Banyak sekali refrensi pilihan pantai yang perlu di explore di negeri ini. Karena semua itu kembali lagi kepada kamu dalam menentukan destinasi pantai favorit. Yang terpenting segala sesuatunya perlu direncanakan. Agar mantai kamu menjadi santai~

Thanks for Reading

Enjoyed this post? Share it with your networks.

Leave a Feedback!